Tentang Life Hacking

Hacker mungkin terdengar “jahat” bagi sebagian orang, apalagi beberapa berita belakangan sering menyebutkan sebuah situs atau layanan yang “diserang” oleh para hacker untuk tujuan tertentu.

Tapi, yang saya bahas kali ini berbeda, yaitu life hacking.

Life hacking adalah segala sesuatu berupa trik, jalan pintas, atau metode sederhana yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Life hack ini berawal dari hacking yang dilakukan pada komputer yang pada dasarnya adalah menemukan cara untuk mempermudah pekerjaan pada gamer.

Kata life hack mulai populer pada tahun 2005 dan kemudian berdirilah lifehack.org yang diikuti oleh web-web lain yang menyediakan konten tentang life hacking.

Apa sih gunanya life hack?

Untuk menjawabnya, saya berikan beberapa fakta

  • Saat bepergian, Anda bisa membawa lebih banyak pakaian dengan cara menggulungnya, bukan melipatnya, selain itu, pakaian tidak akan jadi kusut.
  • Dengan mengubah posisi bantal (menjadikan pinggirnya sebagai alas leher), kita sudah mendapat manfaat seperti bantal tidur khusus berharga mahal.
  • Untuk mendapat informasi relevan sebagai bahan studi, jangan buka google.com tapi bukalah scholar.google.com

Hal-hal sederhana diatas dapat meningkatkan efisiensi sekaligus produktivitas dalam melakukan kegiatan sehari-hari, itulah life hacking.

Dimana belajar life hacking?

Mudah saja, kita bisa belajar dari mana saja. Orang tua saya sendiri mengajarkan banyak sekali ilmu-ilmu life hacking yang mereka dapatkan melalui pengalaman.

Life hacking juga bisa dipelajari sendiri dengan berpikir kreatif terhadap hal-hal melelahkan yang harus dilakukan sehari-hari.

Kalau mau cari di internet, saya rekomendasikan situs lifehacker.com dan lifehack.org

Di Youtube juga banyak sekali video tentang life hacking.

Kenapa belajar life hacking?

Life hacking itu menyenangkan dan bermanfaat. Tanpa membaca artikel ini pun, kebanyakan dari kita sudah pernah mempraktekan life hacking. So, kenapa tidak belajar lebih tentang hal ini?

Selalu memakai “Airplane Mode” saat bermain game di Android atau iPhone-mu saja sudah melakukan life hacking yang tidak semua orang tau bukan??

Related Incoming Search Term: