Tips & Trik Bermain Clash Royale

Clash Royale adalah game terbaru dari Supercell, developer dari Clash of Clans. Berbeda dengan Clash of Clans yang memadukan antara city-bulding dengan strategy, Clash Royale merupakan game bergenre real-time strategy dan tower defense dengan sentuhan trading card game.

Kehadiran Clash Royale merupakan jawaban Supercell atas permintaan banyak pemain COC yang menginginkan fitur real-time PVP dari Clash of Clans. Alih-alih menghadirkan fitur in-game, Supercell memilih membuat sebuah game baru. Lebih lengkapnya mengenai Clash Royale, bisa dibaca disini.

Karena game ini tergolong masih baru dan kemungkinan akan ada banyak sekali penyesuaian ke depannya, maka tips, trik dan cheat berikut ini dibuat secara umum namun akan di update secara berkala.

supercell-clash-royale

Pastikan koneksi internet bagus dan stabil

Inilah masalah terbesar dari game-game bergenre real-time strategy. Satu babak dalam Clash Royale hanya berlangsung selama 3 menit, jika mengalami putus koneksi selama 10 detik saja maka akan memperbesar peluang lawan untuk menyerang dengan senang hati.

Bermain Clash Royale sebenarnya tidak memerlukan koneksi yang terlalu cepat, cukup koneksi standar saja sudah bisa bermain, tapi harus koneksi yang stabil agar tidak tiba-tiba putus di tengah jalan.

Menyusun Battle Deck

prince

Saya tidak akan memberi tips atau trik mana pasukan yang harus dibawa untuk bertempur dan mana yang tidak, karena setiap orang punya kreativitas dan gayanya sendiri. Yang perlu diperhatikan saat menyusun battle deck adalah rata-rata Elixir yang dibutuhkan atau Average Elixir Cost yang ada di pojok kanan atas.

Angka tersebut menunjukan rata-rata elixir dari semua pasukan yang dibawa. Idealnya, nilainya harus diantara 3 atau empat. Kenapa? Saat pertempuran, jumlah elixir maksimal adalah 10 bar dan satu bar elixir terisi dalam waktu sekitar 3 detik. Bayangkan jika pasukan yang dibawa sebagian besar membutuhkan 5 elixir, maka perlu waktu sekitar 10-15 detik untuk mengeluarkan satu jenis pasukan saja.

Bedakan jika pasukan bervariasi antara 2-5 elixir dan didominasi oleh pasukan yang hanya memerlukan 2-4 elixir saja, maka kita bisa mengeluarkan pasukan hampir setiap 5 detik.

Rahasia mempercepat naik level pasukan

clash royale epic

Cara untuk menaikan level pasukan adalah dengan mengumpulkan kartu mereka sesuai jumlah yang dibutuhkan. Rahasia untuk mempercepat naik level ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu melakukan trading di Clan. Saat kita membutuhkan beberapa kartu untuk menaikkan level pasukan yang kita inginkan, kita bisa menukarnya dengan teman di Clan yang membutuhkan kartu pasukan lebih yang kita miliki.

Membuka chest memang memberikan peluang mendapat kartu dalam jumlah banyak sekaligus, tapi itu dipengaruhi faktor keberuntungan. Sementara jika meminta ‘donasi’ kartu di Clan jauh lebih pasti dan lebih cepat daripada harus membuka chest.

Bagaimana Cara Bermain Clash Royale Sesama Teman?

Berbeda dengan Clash of Clans yang sampai saat ini belum memungkinkan untuk melakukan PvP sesama teman, kecuali menggunakan aplikasi lain seperti XMod, Clash Royale memberikan fasilitas pada para pemainnya untuk melakukan latih tanding, bahkan dengan pemain lain yang dikenal secara pribadi.

Caranya? Memanfaatkan “Friendly Battle” yang ada di masing-masing clan. Saat dua pemain berada dalam satu clan yang sama, maka pemain bisa menantang pemain lain untuk mengadu pasukan dan strategi mereka. Tidak ada hadiah khusus dari pertandingan ini selain bersenang-senang dan menguji kemampuan.

Saya pribadi membuat sebuah clan bernama “Battle Arena” sebagai tempat bagi SIAPAPUN yang ingin saling mengadu skill dengan teman atau kenalan mereka. Mottonya : JOIN. FIGHT. LEAVE!

Strategi Bermain

Satu setengah menit pertama, fokuskan menyerang satu tower penjaga terlebih dahulu sambil menjaga agar tower kita tetap utuh. Jika tower lawan hancur sebelum satu setengah menit, fokuskan serangan pada tower raja untuk mendapat kemenangan secara instan.

Jika dalam satu setengah menit pertama, tower kita dan tower lawan hancur masing-masing satu, amati kemampuan lawan, jika jenis pasukan musuh lebih kuat dan bervariasi, fokuslah menjaga base sendiri sambil menyerang tower penjaga dari lawan yang tersisa demi mendapat 2 crown.

Dalam satu setengah menit, jika tower kita hancur dan tower lawan masih utuh, fokuskan serangan yang memiliki jumlah banyak dan juga spell untuk menyerang tower penjaga lawan yang HP-nya paling sedikit tersisa. Serta selalu siaga untuk mengeluarkan pasukan yang cukup kuat sebagai penjaga di base.

Jika terpaksa hingga babak tambahan selama satu menit, fokuskan serangan pada tower penjaga atau tower raja, tergantung mana yang memiliki HP lebih sedikit tersisa. Gunakan spell dan pasukan dalam jumlah banyak untuk menyerang, serta siagakan pasukan level tinggi untuk menjaga base.

Panduan tips, trik dan cheat diatas berlaku hanya secara umum. Ada kondisi-kondisi khusus dimana setiap pemain harus membuat strateginya sendiri sekreatif mungkin.

Related Incoming Search Term: