Tool Instagram yang Wajib Dicoba Semua Pemilik Toko Online

Instagram merupakan salah satu ‘pasar’ yang cukup menjanjikan untuk memasarkan produk secara online. Pengguna Instagram menghabiskan rata-rata hampir 1 jam setiap harinya di aplikasi ini dan 72% penggunanya mengaku bahwa mereka sangat tertarik untuk membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari berjualan diperlukan tool Instagram yang benar-benar powerful dan memudahkan para pemilik toko online.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang wajib dimiliki sebuah tool Instagram yang dijamin akan mempermudah tugas dan pekerjaan para pemilik online shop.

Fitur Penjadwalan (Schedule Post)

Fitur satu ini sangat penting karena bisa sangat meringankan tugas dari admin Instagram. Para pengguna Instagram umumnya memiliki “jam aktif” yaitu waktu sekitar bangun pagi hingga sarapan, setelah makan siang, menjelang sore dan sebelum tidur.

Dibandingkan harus repot-repot memposting tepat pada jam-jam tersebut sehingga mendapat lebih banyak perhatian, tentu akan lebih baik jika sudah membuat schedule post jauh-jauh hari. Apalagi bila penjadwalannya bisa dilakukan untuk jangka waktu panjang, misalnya untuk 30 hari ke depan. Admin Instagram pun bisa lebih fokus pada tugas lain seperti melayani pertanyaan calon pembeli dan sebagainya.

Auto Follow dan Unfollow

Membeli follower memang merupakan solusi instan dalam mendapatkan follower dalam jumlah banyak dan waktu singkat, namun cara ini dipastikan akan sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk mendapatkan calon pembeli. Cara terbaik adalah melakukan follow terlebih dahulu pada calon pembeli kemudian menunggu mereka melakukan followback.

Instagram memiliki batas 7500 follow baru setiap 24 jam. Jika dilakukan secara manual tentu akan membuat tangan gempor, apalagi jika sambil harus melakukan riset pasar. Nah, fitur auto follow yang terkontrol tentu akan sangat membantu dalam meningkatkan angka follower secara lebih natural dan tidak akan membuat tangan gempor.

Fitur Auto Unfollow juga tidak kalah penting, jika di-follow namun tidak mendapatkan followback, kemungkinan akun tersebut sudah tidak aktif atau tidak tertartarik dengan produk/jasa yang ditawarkan toko online. Maka, daripada hanya meningkatkan angka Following, lebih baik di unfollow saja.

Fitur Auto DM (Direct Message)

Fitur yang satu ini kerap diabaikan bahkan dianggap hanya akan menurunkan citra sebuah toko online sebagai akun spam. Namun, fitur ini sebenarnya sangat berguna untuk melakukan follow-up terhadap para calon pembeli yang sudah memfollow akun online shop.

Ketika pengguna Instagram sudah melakukan follow kepada sebuah akun, maka kemungkinannya untuk membeli produk yang ditawarkan oleh akun tersebut semakin tinggi dan fitur auto DM bisa sangat membantu dalam meningkatkan peluang pengguna Instagram ini untuk menjadi pembeli.

Sangat disarankan untuk memanfaatkan fitur Auto-DM untuk menyampaikan rasa terimakasih tepat setelah seorang pengguna melakukan follow. Misalnya berisi sebagai berikut:

“Terimakasih telah memfollow @kawistaid, dukungan kamu sangat berharga. Support terus produk-produk lokal Indonesia dengan membeli produk langsung dari brand lokal kesayanganmu.”

Nah, jika dalam jangka waktu tertentu follower ini masih terus memfollow akun Instagram toko online dan menunjukan ketertarikannya dengan sekedar memberi like bahkan komentar, berarti semakin tinggi pula kemungkinannya untuk menjadi pembeli. Pada tahap ini, bisa kirimkan Auto-DM berisi promosi atau penawaran khusus yang isinya kira-kira:

Tahukah kamu, bahwa selain menjual sepatu kulit buatan lokal dengan kualitas terbaik, kami juga menyediakan:

  • Tas kulit
  • Dompet kulit
  • Sabuk kulit

Semuanya merupakan produk lokal yang dibuat oleh perajin terampil dan menggunakan bahan dengan kualitas terbaik.”

Atau

Selamat! Khusus hari ini saja, kami memberikan penawaran menarik untuk follower terpilih kami. Cukup berbelanja senilai minimal Rp.200.000, maka kamu berhak mendapat gantungan kunci eksklusif. *Selama persediaan masih ada

Jadi, jangan anggap bahwa fitur Auto-DM hanya akan mencitrakan akun Instagram toko online sebagai akun spam. Dengan penggunaan yang tepat maka fitur satu ini bisa sangat meningkatkan peluang para follower untuk menjadi pembeli.

Semua fitur diatas sebenarnya adalah fitur ‘biasa’ yang dimiliki oleh sebuah tool Instagram yang saya rekomendasikan. Selain fitur diatas, tool ini juga memiliki fitur lain seperti autolike, auto comment hingga fitur untuk riset pasar. Tool ini dibuat dan dikelola oleh orang Indonesia, sehingga akan lebih memudahkan dalam meminta bantuan jika ada yang ingin ditanyakan, tool ini juga tergolong ringan dibanding tool sejenis. Namanya adalah Gramcaster dan tool Instagram ini sangat wajib dicoba oleh para pemilik toko online yang menggunakan Instagram sebagai media promosinya.