Kenapa Tulisan Tangan Saya Jelek

Sebelumnya, saya pernah menulis ‘pembelaan’ terhadap kondisi kamar saya yang berantakan (baca : Kamar Berantakan, Ciri Orang Kreatif). Kali ini, saya kembali melakukan ‘pembelaan’ terhadap tulisan tangan saya yang sering dipuji sebagai ‘tulisan dokter’.

Di dunia ini, pasti bukan cuma saya yang memiliki tulisan tangan dengan “font” tersendiri. Banyak orang telah memikirkan apa sih yang sebenarnya membuat tulisan tangan seseorang itu jelek? Dan kenapa tulisan tangan yang berantakan itu disebut ‘tulisan dokter’?

Oke, kita jawab satu per satu.

Kenapa tulisan dokter jelek?

Tulisan dokter itu sebenarnya tidak jelek, tapi setiap manusia memang memiliki ‘font’ khasnya tersendiri. Selain itu, jika kita kuliah kedokteran, mana mungkin mendapat kuliah “Cara Menulis Resep Dokter dengan tulisan indah”? Selain itu, ada penjelasan yang lebih ilmiah kenapa dokter menuliskan resep secara ‘jelek’ yaitu untuk melindungi pasien.

Bayangkan jika pasien mengerti dan paham dengan obat yang dicantumkan pada resep dokter. Jika suatu hari, si pasein menderita sakit yang dianggap sama dengan sebelumnya, maka dia bisa saja membeli obat tanpa resep atau memalsukan resep dokter. Padahal, dalam dunia kesehatan, obat dan racun itu beda tipis, yang membedakan adalah kadar (dosis)nya saja. Jadi, tulisan dokter itu dibuat ‘jelek’ sebenarnya agar hanya dokter dan apotekerlah yang menulis resep tersebut sehingga pasien tidak sembarangan dalam membeli obat yang seharusnya memakai resep dokter.

Kenapa tulisan saya jelek?

Sebelum itu, kita bahas penyebab umum tulisan tangan seseorang bisa ‘jelek’. Berikut ini beberapa alasan yang berhasil saya kumpulkan.

1. Tidak semua dianugrahi keahlian tangan untuk menulis indah. *ngeles

2. Tulisan tangan seseorang biasanya dipengaruhi oleh keadaan psikologisnya, kalau orang dengan tulisan indah tiba-tiba tulisannya berantakan, mungkin psikologisnya sedang tertanggu. Misalkan saat dia sedang marah atau sedang terburu-buru karena ada sesuatu yang gawat.

3. Ada yang berpendapat penggunaan keyboard yang lebih banyak dari penggunaan tangan untuk menulis adalah penyebabnya. Apalagi di jaman sekarang dimana manusia menghabiskan berjam-jam untuk mengetik di komputer maupun smartphone miliknya dan hanya sesekali menulis menggunakan pulpen atau pensin.

Tapi, angin segar saya dapatkan dari seorang “Mas Guru” asal Cirebon, sebut saja Ayip. Guru fisika yang punya skill desain grafis mumpuni ini menghasilkan karya comic strip yang menjawab pertanyaan soal “Kenapa tulisan tanganmu jelek?”

*) Klik Gambar Untuk Memperbesar

“Karena kecepatan tangan tidak bisa menyamai kecepatan otak”

Apa ada penelitiannya? Tentu tidak! Ini hanya guyonan atau seperti saya sebut diawal ‘pembelaan’.

Related Incoming Search Term: