VN Dating Sims : Masa SMA

Banyak orang pasti setuju bahwa Masa SMA adalah masa-masa yang indah. Sebab itu, kali ini saya akan membahas sebuah game atau lebih tepatnya Visual Novel (VN) tentang masa SMA. Bagi yang sudah melewati masa SMA, VN ini bisa menjadi nostalgia, bagi yang belum SMA, ini bisa menjadi referensi buat kamu mencari pacar mengenal masa SMA.

Namanya Visual Novel (VN) Dating Sims : Masa SMA. Tersedia untuk berbagai platform seperti Windows, Mac, Linux hingga Android. Dari beberapa keterangan yang saya dapat di internet, VN ini merupakan tugas akhir / skripsi dari seorang Rendy Rakean. Keselurahn VN dimulai dari desain program, karakter hingga cerita dikerjakan olehnya.

Amara-Ayunda


 

Visual Novel Dating Sims adalah sebuah video game yang bergenre Adventure dan ber-sub genre Simulations dengan Dating sebagai gameplay-nya. Dibuat dan dikembangkan oleh Rendy Rakean untuk PC dan mobile platform Android.

Permainan ini secara garis besar merupakan sebuah permainan petualangan dimana pemain dihadapkan pada berbagai menu pilihan dalam game yang dapat menentukan alur cerita permainan. Dalam petualangannya, pemain akan diberi beberapa Informasi oleh beberapa karakter, selain itu pemain juga akan bertemu beberapa wanita ( Amara, Ayla, Meilani dan Tirani), tokoh pria didalamnya ( Agung, Adit dan Pak Debi) dan berbagai tokoh pendukung ( Resepsionis dan Pak Ega ). Tema yang dipilih adalah tema edukasi dalam sekolah, lebih tepatnya mengambil lokasi di masa SMA.

Layla-Fitriani

Pemain harus cermat dalam mengambil keputusan dalam game, karena selain akan menentukan alur cerita, pemain-pun akan dihadapkan pada status skill. Dimana pemain harus menaikan skill nya agar dapat memiliki pasangan wanita nya. Untuk menaikan Skill nya, pemain akan dihadapkan pada agenda harian (day planner), dimana setiap pagi, siang dan sore nya, pemain dapat menentukan sendiri Latihan atau acara apa yang akan dilakukannya untuk menaikkan skill.


 

Awal mula saya bertemu dengan game ini adalah ketika mencari game-game baru untuk dimasukan dalam Android saya, karena saya memang suka game simulasi,maka saya mencari di kategori “Simulation” dan akhirnya bertemu dengan game ini. Setelah dicoba, eh ternyata lumayan juga.

Ada beberapa hal yang bagus tentang VN Dating Sims : Masa SMA ini

M-Aditia

1. Game ini masih dirilis eksklusif dalam Bahasa Indonesia, jadi bule-bule diluar sana yang penasaran mau ikutan main pasti ribet, apalagi bahasa yang dipakai adalah bahasa pergaulan, bukan bahasa resmi yang kaku dan baku.

2. Gambar karakter (khususnya perempuan) dalam game ini sepertinya mengadaptasi gaya dari Jepang, jadi “rok” karakternya pun dibuat pendek. Walau ada yang bilang tidak sesuai dengan norma di Indonesia, but it’s just a VIDEO GAME.

Tapi, ada juga beberapa hal yang perlu diperbaiki/dikembangkan dalam VN Dating Sims : Masa SMA 

Meilani-Fransischa

1. Unsur Jepang masih sangat terasa dalam game ini, tapi itu sih hak yang buat, sebagai pengguna, saya cuma bisa memainkan saja.

2. Backsound dan penggambaran karakter (art work) perlu ditingkatkan lagi, ya namanya juga sambil belajar, saya percaya di versi berikutnya, pasti hasilnya sudah lebih meningkat lagi.

3. Jalan cerita masih terlalu mudah ditebak, apalagi cerita yang dipakai adalah cerita sehari-hari. Bisa dimaklumi sih karena si pembuat membuat semua unsur dalam VN ini sendirian.

4. Kejadian (event) kurang banyak. Saya harap di versi berikutnya, event bisa lebih banyak dan lebih sering, jadi pemain (pengguna) bisa mengambil keputusan lebih banyak lagi.

Oh ya, menurut kabar berita, versi berikutnya sedang dipersiapkan dan berjudul VN Dating Sims 2 : Masa Kuliah


Buat yang mau download VN Dating Sims : Masa SMA, bisa langsung ke web resminya dibawah ini

www.NovelVisual.com

Related Incoming Search Term: